Home » » Terminal Ciawi Dibangun 2011

Terminal Ciawi Dibangun 2011

Written By supriyono on Wednesday, February 10, 2010 | 12:54 PM

Jurnal Bogor, 8 February 2010

Ciawi TersumbatCibinong - Langkah bersama dilakukan Pemkot dan Pemkab Bogor dalam mengatasi kemacetan. Salah satu solusi yang bakal ditawarkan adalah membangun terminal Ciawi tahun 2011, sehingga beberapa rute (trayek) kendaraan dari Bogor Selatan tak harus semua masuk ke Kota Bogor.
“Kami sudah membicarakan hal ini dengan Kota Bogor dan mendapat persetujuan kalau pembangunan terminal Ciawi itu penting, salah satunya bisa mengurangi tingkat kemacetan,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor, H.M.Zairin, kemarin.
Lokasi pembangunan ditetapkan di daerah sekitar Rancamaya dan Harjasari. Pembangunan terminal itu pun telah masuk RTRW (rencana tata ruang dan tata wilayah) Pemkot dan Pemkab. “Kalau sudah ada terminal disana, kebutuhan masyarakat akan transportasi juga akan terlayani,” jelasnya.


Bahkan tak hanya itu, menurut HM.Zairin, usulan Stasiun Kereta Api Bogor dipindah ke daerah pinggiran juga mencuat. Kota Bogor akan menjadi etalase kota dan daerah Kabupaten Bogor menjadi desanya. Sinergis itu untuk mewujudkan kerapihan sistem transportasi yang tak membuat macet dan semrawut. “Stasiun nantinya bisa di Cilebut atau Bojonggede. Yang jelas misinya adalah membuat Kota Bogor nyaman,” tandasnya.


Upaya itu pun jelas HM. Zairin akan menumbuhkan sistem ekonomi bersama, dimana Kota Bogor akan menjadi marketing dan Kabupaten Bogor produsennya. Sentra-sentra industri berpotensi dibangun di Kabupaten Bogor, sedangkan untuk Kota Bogor lebih ke pemasaran produk. “Sudah banyak yang direncanakan seperti di Kota Bogor juga akan dibangun terminal di Tanah Baru. Jadi memang idealnya tak semua angkutan masuk Kota Bogor,” ungkapnya.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Copyright © 2013. ..:: Perumahan Cilebut Bumi Pertiwi 2 ::.. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger